jump to navigation

Calon Hakim Agung yang Mandul Keagungan January 15, 2013

Posted by sastraahmashogy in Badan Pimpinan IMADA, Editorial Ketua BP IMADA, Ikatan Mahasiswa Djakarta, IMADA News, Jakarta Dalam Berita.
trackback

“Yang diperkosa dengan yang memperkosa ini sama-sama menikmati, jadi harus pikir-pikir terhadap hukuman mati,” jawab Daming dengan santai menjawab pertanyaan yang dikategorikan sensitif.

Calon hakim agung Daming Sanusi, memberi pernyataan kontroversial saat uji kepatuhan dan kelayakan 14 Januari 2013 di depan Komisi III DPR.

Jawaban kontroversial Daming ini justru membuat sontak  seluruh hadirin dengan gelak tawa dari anggota Dewan, tidak satu pun tergerak untuk menegur.

Usai fit and proper test, Daming berkilah, jawaban tersebut hanya untuk mencairkan suasana. “Saya lihat kita terlalu tegang, supaya ketegangan itu berkuranglah. Tadi kan ketawa sebentar,” jawab Daming.

Menurut Kamus Besar :

perkosa: menundukkan dng kekerasan; memaksa dng kekerasan; menggagahi;

merogol (v)

pemerkosaan:

  • proses, perbuatan, cara memerkosa; (nomina)
  • ki pelanggaran dng kekerasan (nomina)

memerkosa

  • menundukkan dng kekerasan; memaksa dng kekerasan; menggagahi;

merogol (v)

  • melanggar (menyerang dsb) dng kekerasan (v)

Tindak pidana perkosaan sebagaimana diatur dalam Pasal 285 KUHP: “Barangsiapa yang dengan kekerasan atau dengan ancaman memaksa perempuan yang bukan isterinya bersetubuh dengan dia, karena perkosaan, dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya dua belas tahun”.

Mencermati Pasal 285 KUHP, perkosaan (pemerkosaan) memiliki unsur “memaksa” dan “dengan kekerasan”. Sedangkan tindak pidana pada Pasal 289 KUHP yang dirumuskan sebagai: “Dengan kekerasan atau ancaman kekerasaan memaksa seseorang untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul, diancam karena melakukan perbuatan yang menyerang kehormatan kesusilaan dengan pidana penjara paling lama 9 tahun”.

Maka pengertian hemat perkosaan adalah Perbuatan hubungan kelamin yang dilakukan seseorang/kelompok orang, terhadap seseorang/kelompok  orang lainnya tanpa persetujuannya, dilakukan ketika seseorang/kelompok orang lainnya tersebut ketakutan atau berada dalam kondisi terancam.

“Jadi, Bagaimana mungkin bisa menikmati suatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan hati nurani (dipaksakan/terancam)?”

“Apakah Daming pernah merasakan perasaan korban dan keluarganya? Pantaskah seorang yang menjadikan perasaan dan penderitaan masyarakat sebagai bahan lelucon menjadi calon hakim agung?”

Menurut Daming pernyataan itu hanya candaan. Pernyataan tersebut sangat tidak layak dan mencerminkan rendahnya kepekaan, termasuk Anggota Dewan yang turut menertawakan lelucon rendahan Daming.

Daming Sanusi adalah salah satu contoh calon hakim agung yang mandul keagungan.

Badan Pimpinan Ikatan Mahasiswa Djakarta 2012-2013 mengecam pernyataan tersebut, dan meminta Daming mengklarifikasi pernyataannya dan segera meminta maaf kepada masyarakat, khususnya kepada korban dan keluarga tindak pidana pemerkosaan sesegera mungkin.

 

Djakarta, 15 Januari 2013

Badan Pimpinan

Ikatan Mahasiswa Djakarta

2012-2013

Shogy A. Sastranegara, S. Sos

Ketua Umum

——————————————————————————————————————————————

Sumber:

Kitab Undang-undang Hukum Pidana

Merdeka.com: http://id.berita.yahoo.com/calon-hakim-agung-pemerkosa-yang-diperkosa-sama-menikmati-104526298.html

Liputan6.com: http://news.liputan6.com/read/487358/calon-hakim-agung-korban-pelaku-perkosaan-sama-sama-menikmati

detikNews: http://news.detik.com/read/2013/01/14/164657/2141754/10/pemerkosa-korban-sama-sama-menikmati-kpai-tolak-daming-duduk-di-ma?9911012

detikNews: http://news.detik.com/read/2013/01/14/191000/2141956/10/daming-calon-hakim-agung-pemerkosa-korban-sama-sama-menikmati?9911012

Kamus Besar: http://www.kamusbesar.com

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: